Tips merawat pompa air anti karat

Memiliki peralatan yang awet merupakan impian bagi setiap orang. Namun untuk menggapai hal tersebut maka kita juga harus rajin merawat barang-barang yang dimiliki, apalagi jika barang tersebut rentan terhadap karat. Dan pada kesempatan kali kami akan memberikan sebuah ulasan menarik mengenai pompa air anti karat. Langsung saja kita simak bersama-sama.

Cara Merawat Pompa Air

Saat ini ada banyak sekali merk dan tipe pompa air di pasaran dan dapat dibeli dengan harga yang bervariasi. Bagi anda yang sudah memiliki pompa air dengan bahan steinless steel atau sejenisnya maka tidak perlu khawatir tentang masalah karat. Namun untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan lebih baik anda mengecek pompa air tersebut secara rutin.

Dan berikut ini adalah beberapa tips cara merawat mesin pompa air yang baik dan benar diantaranya :

  1. Gunakan pipa sesuai ukuran dan kedalaman air

Maksud dari tips ini yaitu apabila kedalaman sumur anda sekitar 20-25 meter maka panjang pipa usahakan tidak jauh berbeda agar proses penyedotan air lebih sempurna dan pompa air dapat bekerja secara maksimal.

  1. Tempatkan pompa air ditempat yang teduh

Jangan biarkan pompa air anda langsung terkena sinar matahari karena lama kelamaan bisa rusak. Selain itu, jika langsung terkena hujan maka akan gampang terkena karat. Berbeda dengan pompa air yang bahannya steinless steel tidak gampang berkarat.

  1. Sterilkan lantai tempat pompa air

Pastikan terlebih dahulu lantai atau alas yang digunakan untuk mesin pompa air tidak ada genangan air atau tetesan air. Berilah tutup pelindung pada sekeliling mesin pompa air agar terlindungiĀ  dan tidak terjadi konsleting listrik.

  1. Penggunaan pompa air

Maksud dari tips yang keempat ini yaitu apabila pada waktu musim kemarau debit air didalam sumur habis maka jangan menghidupkan pompa air. Hal ini kerap terjadi pada sumur dangkal atau sumur tradisional yang dulunya dibuat secara manual.

  1. Suhu extrem

Jangan terlalu lama menggunakan pompa air pada suhu yang extrem seperti contoh pada suhu di bawah 5 derajat dan di atas 40 derajat.